KOMUNIKASI PUBLIK DAN MASA
Definisi Komunikasi
Secara Etimologis
kata komunikasi berasal dari bahasa Inggris yaitu dari
kata Communication yang berasal dari kata
Latin Communicatio yang bersuber dari kata Communis yang berarti
sama,sama disini adalah sama makna. Definisi yang di kumpulkan oleh Dance
(1970).
Definisi Publik
Menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan Publik sebagai orang banyak (umum).
Sedangkan dalam bahasa Inggris, Publik diserap dari
kata Public artinya milik bangsa, negara atau komunitas dalam jumlah
yang besar atau dipertahankan atau digunakan oleh masyarakat/komunitas secara
keseluruhan. Publik juga berasal dari bahasa latin Publicus yang
artinya kedewasaan, dalam pengertian tentang pelajaran ini adalah membawa ide kepada
masyarakat.
Ciri–ciri Komunikasi Publik :
- Satu pihak (pendengar) cenderung lebih pasif
- Interaksi antara sumber dan penerima terbatas
- Umpan balik yang diberikan terbatas
- Dilakukan di tempat umum seperti di kelas, auditorium, tempat
ibadah.
- Dihadiri oleh sejumlah besar orang
- Biasanya telah direncanakan
- Sering bertujuan untuk memberikan penerangan, menghibur, memberikan
penghormatan dan membujuk
Unsur-Unsur Dalam Komunikasi Publik
1) Sumber/Komunikator
Adalah pembuat atau
pengirim pesan informasi. Sumber ini bisa terdiri dari 1 orang ataupun bisa
juga dalam kelompok misalnya dari Partai,Organisasi.
2) Pesan
Adalah sesuatu yang
disampaikan oleh sumber/komunikator kepada penerima/komunikan. Penyampaian
pesan dalam komunikasi publik ini berupa ide atau gagasan, informasi, ajakan,
dan sebagainya kepada orang banyak sebagai bentuk dari pencerahan,atau tindakan
sosialisasi.
3) Media
Adalah alat yang
digunakan untuk memindahkan pesan dari kominikator kepada
komunikan. Sarana komunikasi publik yaitu segala saluran yang bisa
menyampaikan pesan kepada publik.
4) Penerima/Komunikan
Adalah pihak yang
menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh komunikator.
5) Efek/Pengaruh
Adalah perbedaan
antara apa yang dipikirkan,dirasakan,dan dilakukan oleh komunikan sebelum dan
sesudah menerima pesan dari komunikator.
6) Umpan
balik/Feedback
Adalah suatu bentuk
tanggapan balik dari komunikan/penerima setelah memperoleh pesan dari komunikator
Sarana komunikasi publik yaitu segala saluran yang bisa menyampaikan pesan kepada publik:
·
Media Massa
·
Orasi pada rapat umum
·
Aksi demonstrasi
·
Blog
·
Situs Jejaring Sosial
·
Kolom komentar di website/blog
·
E-mail, milis
·
SMS
·
Surat
·
Surat Pembaca
·
Reklame
·
Spanduk
Hambatan-Hambatan Dalam Komunikasi Publik
Gangguan atau
hambatan itu secara umum dapat dikelompokkan menjadi hambatan internal dan
hambatan eksternal ,yaitu:
1. Hambatan
Internal, adalah hambatan yang berasal dari dalam diri
individu yang terkait kondisi fisik dan psikologis. Contohnya, jika
seorang mengalami gangguan pendengaran maka ia akan mengalami hambatan komunikasi. Demikian pula seseorang yang sedang tertekan (depresi) tidak akan dapat melakukan komunikasi dengan baik.
individu yang terkait kondisi fisik dan psikologis. Contohnya, jika
seorang mengalami gangguan pendengaran maka ia akan mengalami hambatan komunikasi. Demikian pula seseorang yang sedang tertekan (depresi) tidak akan dapat melakukan komunikasi dengan baik.
2. Hambatan
Eksternal, adalah hambatan yang berasal dari luar individu yang terkait dengan
lingkungan fisik dan lingkungan sosial budaya.
Contohnya, suara gaduh dari lingkungan sekitar dapat menyebabkan
komunikasi tidak berjalan lancar. Contoh lainnya, perbedaan latar
belakang sosial budaya dapat menyebabkan salah pengertian.
Contohnya, suara gaduh dari lingkungan sekitar dapat menyebabkan
komunikasi tidak berjalan lancar. Contoh lainnya, perbedaan latar
belakang sosial budaya dapat menyebabkan salah pengertian.
Contoh Kegiatan Komunikasi Publik
1. Seminar
Pada umumnya
merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis baik dari sebuah universitas maupun
diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional.
2. Persentasi
Adalah suatu
kegiatan kegiatan pengajuan suatu topik,pendapat,atau informasi kepada orang
lain.
3. Kampanye
Adalah sebuah
tindakan doktrin bertujuan mendapatkan pencapaian dukungan,usaha kampanye bisa
dilakukan oleh perorangan atau sekelompok orang yang terorganisir untuk
melakukan pencapaian suatu proses pengambilan keputusan didalam suatu kelompok,
kampanye bisa juga dilakukan guna mempengaruhi,menghambat,membelokan
pencapaian.
4. Sosialisasi
Adalah sebuah proses
penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari suatu generasi ke
generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.
5. Rapat
Adalah pertemuan
atau perkumpulannya minimal 2 orang atau lebih untuk memutuskan suatu tujuan.
6. Pengajian
Merupakan pendidikan
nonformal yang khusus dalam bidang agama.
KOMUNIKASI MASSA
Komunikasi Massa
adalah bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (Media) dalam
menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumblah banyak,
terpencar, sangat heterogen dan menimbulkan efek tertentu. Selain itu pesan
yang disampaikan cenderung terbuka dan mencapai khalayak dengan serentak.
Contoh media massa :
1. Cetak : surat
kabar, majalah
2. Non Cetak :
radio, televisi internet, film
Menurut Charles R.
Wright menyatakan komunikasi massa berfungsi untuk kegiatan penyelidikan
(surveillance), kegiatan mengkorelasikan, yaitu menghubungkan satu kejadian
dengan fakta yang lain dan menarik kesimpulan, selain itu juga berfungsi
sebagai sarana hiburan.
Menurut Joseph R.
Dominick komunikasi massa adalah suatu proses dimana suatu organisasi yang
kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin memproduksi dan mengirimkan pesan
kepada khalayak yang besar, heterogen dan tersebar.
Ciri-ciri komunikasi massa menurut narudin (2004)
·
Komunikator melembaga
·
Pesan bersifat umum
·
Komunikasi berlangsung satu arah
·
Komunikasi bersifat heterogen
·
Menimbulkan keserempakan
·
Mengandalkan peralatan teknis
·
Dikontrol oleh gatekeeper
Efek komunikasi massa
Menurut Onong Uchyana
Effendi (2006) yang termasuk efek komunikasi massa adalah
1. Efek kognitif :
Pengetahuan
2. Efek Afektif : Perasaan, emosi
3. Efek Konatif atau Efek Behavioral : Perilaku
Karakteristik komunikasi massa
Sifat komunikan
Komunikasi massa
yang ditujukan kepada khalayak yang jumblahnya relatif besar, heterogen, dan
anonim. Jumblah besar yang dimaksudkan hanya dalam periode waktu yang singkat
saja dan tidak dapat diukur, beberapa total jumblahnya. Bersifat
heterogen berarti khalayak bersifat berasal dari latar belakang dan pendidikan,
usia, suku, agama, pekerjaan.
Sifat media massa
Serempak dan cepat.
Serempak (Simultanety) berarti bahwa keserempakan kontak antara komunikator
dengan komunikan yang demikian besar jumblahnya. Pada saat yang sama,
media massa dapat membuat khalayak secara serempak dapat menaruh perhatian
kepada pesan yang disampaikan oleh komunikator. Selain itu sifat dari media
massa adalah cepat(rapid), yang berarti memungkinkan pesan yang disampaikan
pada banyak orang dalam waktu yang cepat.
Sifat pesan
Pesan yang
disampaikan melalui media massa adalah bersifat umum (Public). Media massa
adalah sarana untuk menyampaikan pesan kepada khalayak, bukan untuk kelompok
orang tertentu. Karena pesan komunikasi melalui media massa sifatnya umum, maka
lingkungannya menjadi universal tentang segala hal, dan dari berbagai tempat di
seluruh dunia. Sifat lain dari pesan melalui media massa adalah sejenak
(Transient), yaitu hanya untuk sajian seketika saja.
Sifat komunikator
Karena media massa
merupakan lembaga organisasi, maka komunikator dalam komunikasi massa, seperti
wartawan, utradara, penyiar, pembawa acara, adalah komunikator yang
terlembagakan. Media massa merupakan organisasi yang rumit, pesan-pesan yang
disampaikan kepada khalayak adalah hasil kerja kolektif, oleh sebap itu,
berhasil tidaknya komunikasi massa ditentukan oleh berbagai faktor yang
terdapat dalam orginisasi massa.
Sumber :
http://de-nenisriutari.blogspot.co.id/2015/01/materi-mata-kuliah-teori-komunikasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar